Ekosistem dan Komponen Penyusun Ekosistem!

Ekosistem dan Komponen Penyusun Ekosistem!

Sebelum membahas mengenai ekosistem dan komponen penyusun ekosistem, ekosistem sendiri merupakan sistem ekologi yang terbentuk dari adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan.

Ekosistem dan Komponen Penyusun Ekosistem!

Interaksi ini sering disebut interaksi antara komponen biotik dengan abiotik. Ekosistem sendiri dibedakan ke dalam dua jenis, yakni:

  1. Ekosistem alami, ekosistem yang terbentuk secara alami di alam tanpa campur tangan manusia (seperti: laut, hutan, gunung, dll).
  2. Selanjutnya, Ekosistem buatan, yaitu ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia, (seperti: sawah, perkebunan, kolam ikan, dll).

Ekosistem dan komponen penyusun ekosistem patut untuk dirawat dan dijaga sehingga bisa bermanfaat untuk keseimbangan kehidupan antar makhluk hidup.

Termasuk manusia yang membutuhkan keseimbangan ini untuk bisa bertahan hidup dengan baik.

Sebab ekosistem yang rusak akibat adanya pencemaran lingkungan selain merusak kehidupan binatang sekitar juga berbahaya bagi manusia itu sendiri.

Agar hidup tetap sehat anda perlu menjaga kelestarian lingkungan sehingga semua berjalan dengan normal sesuai dengan aslinya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu ekosistem dan komponen penyusun ekosistem yang ada di sekitar bisa mengalami kerusakan.

Bagaimana cara mencegah kerusakan ini atau memperbaiki keadaan menjadi lebih baik? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Tidak menebang hutan secara liar dan sembarangan yang menyebabkan hutan gundul dan tanah tandus.
  2. Penataan wilayah diperlukan perencanaan yang matang (sepert:i penentuan lokasi industri, pemukiman penduduk, cagar alam, dll.).
  3. Melakukan penghijauan dengan memperbanyak menanam pohon atau tanaman.
  4. Penggunaan bahan kimia seminimal mungkin, bila perlu dihindari 100%.
  5. Menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola sampah secara bijak.

Keseimbangan dan kelestarian ekosistem dan komponen penyusun ekosistem adalah tanggungjawab bersama.

Dengan saling membahu menjaga komponen ini, hidup manusia nantinya pun bisa lebih berkualitas, mulai dari panjangnya usia, terkendalinay berbagai penyakit, dll.

Melihat lingkungan yang asri akan membantu menjaga satwa dan tanaman tetap bisa dinikmati oleh generasi penerus.

Hal ini penting untuk menghindari berbagai dampak seperti wabah tomcat tempo hari yang terjadi karena hilangnya pemangsa serangga ini.

Akhirnya menimbulkan gangguan kepada manusia karena jumlahnya yang meledak tajam. Jaga lingkungan anda mulai dari sekarang!

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai Ekosistem dan Komponen Penyusun Ekosistem! Semoga bisa membantu.

About the Author: 33jerseys

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *